Jumat, 06 Juli 2012

Cara mempercepat koneksi modem smartfren dengan software namebench...!!


Kali ini akan ane mau share tentang alternatif baru untuk mempercepat modem smartfren yang akhir-akhir ini lebay dan lemot. Sudah menjadi rahasia umum bahwa Smartfren memang menjadi andalan para netter yang menginginkan akses internet broadband pribadi dengan harga yang sangat terjangkau. Namun apa jadinya apabila pengguna modem dan layanan Smartfren kian banyak dan menjamur? Tentulah ada pembagian bandwidth bagi user dimana semakin banyak pengguna maka semakin sedikit kuota yang bisa diterima oleh satu user di suatu area.

Memang Smartfren memiliki slogan " I Hate Slow ".Akan tetapi kalau dilihat dari kualitasnya ternyata banyak para pengguna yang mengeluh dengan layanan smartfren, bahkan seringkali down hingga speed download 0 Kbps.

Baiklah, ini adalah
usaha antisipasi dan juga alternatif saja apabila kalian juga mengalami hal yang sama dengan yang diatas. Kali ini kita menggunakan software namebench yang berfungsi untuk mencari DNS terbaik untuk modem kita agar mendapatkan koneksi internet yang maksimal. Untuk mendapatkan software namebench silahkan download  DI SINI

Setelah kalian mendownload softwarenya silahkan diinstal saja pada PC atau Laptop kalian. Setelah instalasi selesai lalu jalankan softwarenya. Cara menggunakannya:
Jalankan aplikasi namebench seperti pada screenshoot dibawah ini :




Lalu Klik “Start Benchmark” .
aplikasi secara otomatis melakukan benchmarking selama sekitar 5-10 menit, nanti setelah selesai maka hasilnya yang didapat akan seperti ini.




Ternyata mudah ya mendapatkan DNS yang terbaik. Disamping itu Namebench juga memberikan alternatif Secondary (pada contoh diatas CepatNet-2 ID / 202.43.178.245) dan Tertiary Server (pada contoh diatas Telekomspeedy Jakarta-4 ID /202.134.0.61 ).Sekali kita mendapatkan DNS yang paling cocok maka kita tinggal menkopinya ke software modem kita. Klik Option pada EVDO dan masukkan DNS terbaik yang tadi diberikan.
Keuntungan kita mengunakan custom DNS adalah kemampuannya dlam mendeteksi alamat-alamat website yang punya potensi berbahaya seperti phising, malware . Custom DNS yang jadi favorit pengguna diantaranya adalah  Sunbelt ClearCloud dengan alamat : 74.118.212.1 / 74.118.212.2 (Primary / Secondary). Disamping itu juga Filterisasi konten. Tujuannya adalah mendapatkan konten internet yang family friendly, disini kita bisa menggunakan menggunakan Open DNS dengan alamat  208.67.222.222 / 208.67.220.220 (Primary / Secondary)

Demikian tips cara yang dapat ane share kali ini. Silahkan dicoba dan semoga bisa membantu.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

PERINGATAN....!!!
Jika ada link yang rusak silahkan coment di bawah posting ini ataupun coment di buku tamu yang ada di sebelah kanan pada blogger ini....!!!